Kelainan Ginekologi

Apa itu Konsultasi Ginekologi?

Konsultasi ginekologi adalah pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh dokter ahli ginekologi untuk memeriksa kesehatan dan mengidentifikasi penyakit dan infeksi pada sistem alat reproduksi wanita. Pemeriksaan ini juga meliputi pemeriksaan kemampuan pembuahan sel telur, serta pemeriksaan pada tahap sebelum kehamilan, saat kehamilan, dan saat kelahiran.

Siapa yang Harus Menjalani Konsultasi Ginekologi & Hasil yang Diharapkan

Konsultasi ginekologi disarankan bagi wanita yang sudah terjangkit atau dipercaya menderita penyakit yang mempengaruhi sistem reproduksi wanita seperti pada rahim, saluran rahim, dan indung telur.

 

Konsultasi juga mungkin diperlukan sebagai pemeriksaan ginekologi, termasuk dada, pangkal paha, perut, vagina, rahim, dubur, dan bagian lainnya yang juga dapat mempengaruhi munculnya gejala penyakit yang mempengaruhi sistem reproduksi wanita.

 

Wanita yang berkeinginan untuk hamil juga dapat berkonsultasi secara mendalam dengan ahli ginekologi, terutama karena beberapa penyakit dan kondisi tertentu dapat menyebabkan infertilitas atau kegagalan kehamilan. Beberapa di antaranya adalah sel telur yang belum dewasa, sindrom polikista sel telur (PCOS) dan endometriosis. Kemudian, jika wanita sudah dalam kondisi hamil, seorang OB-GYN juga dapat memberikan perawatan kehamilan yang diperlukan untuk mempersiapkan proses kelahiran calon ibu, menjaga bayi tetap sehat sampai usia sembilan bulan, dan pada akhirnya membantu untuk melahirkan bayi yang sehat. Dalam beberapa kasus, wanita dapat diminta untuk melakukan pemeriksaan genetis untuk menentukan apakah bayi yang dikandung memiliki kelainan genetis atau cacat bawaan.

 

Wanita yang melakukan konsultasi ginekologi tidak harus hanya dalam sakit atau hamil. Jika wanita tersebut sudah aktif melakukan hubungan seksual, sedang menstruasi, atau memiliki riwayat masalah reproduksi dalam keluarganya, maka dapat dilakukan pemeriksaan rutin ke ahli ginekologi, program pencegahan, perencanaan keluargan, dan penggunaan kontrasepsi.

Pemeriksaan Ginekologi Pada Wanita

Beberapa hal yang bisa ditangani oleh dokter ginekologi dalam pemeriksaan ginekologi pada wanita antara lain:

  • Masalah yang berkaitan dengan kehamilan, kesuburan, permasalahan menstruasi dan menopause
  • Program keluarga berencana, yang di dalamnya termasuk kontrasepsi dan sterilisasi
  • Adanya indikasi penyakit pada organ kewanitaan, seperti kanker serviks, tumor jinak, kista ovarium dan fibroid
  • Mengalami sindrom ovarium polikistik
  • Penyakit seksual yang menular
  • Masalah seksualitas yang berkaitan dengan hubungan sesama jenis atau biseksual
  • Disfungsi seksual
PEMERIKSAAN GINEKOLOGI

HUBUNGI TIM DOKTER KAMI

Hubungi kami melalui WhatsApp