USG 4D

Pentingnya USG 4D untuk Mengetahui Lebih Detail Perkembangan Janin

Perbedaan yang paling signifikan antara USG 4D dengan USG 2D adalah pada letak gambar yang dihasilkan.

Berikut yang bisa Mom dapatkan dengan USG 4D:

  • Melihat aktivitas janin secara lebih jelas, misalnya saat tersenyum, menguap, dan memberi gerakan lainnya
  • Mendeteksi kemungkinan adanya gangguan atau abnormalitas pada janin, serta kondisi organ-organ tubuh janin, sehingga dokter bisa segera melakukan langkah-langkah penanganan

  • Untuk mengetahui posisi plasenta menjelang persalinan, mengamati posisi dan pergerakan janin, serta memeriksa kelainan pada rahim & panggul Mom

Periode Terbaik Melakukan Pemeriksaan Kehamilan USG 4D untuk Hasil yang maksimal

Menurut anjuran dokter, USG bisa dilakukan 4 kali selama proses mengandung. Untuk USG 2D, Mom bisa melakukan USG pada Trimester pertama hingga Trimester 4 bahkan saat janin berada di usia 36 dan 38 minggu. Sedangkan untuk USG 4D sendiri biasanya dilakukan di trimester akhir.

Trimester 1

Untuk memastikan kehamilan, sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada usia diatas 10 minggu.

Banyaknya pemeriksaan : 1 kali/Bulan

Trimester 2

Dilakukan USG pada trimester 2 guna memeriksa kelainan tubuh janin dalam kehamilan serta pengecekan air ketuban. Pemeriksaan ini bisa dilakukan mulai usia kehamilan 13 – 27 minggu.

Banyaknya pemeriksaan : 1 kali/Bulan

Trimester 3

Dokter akan melakukan monitoring pertumbuhan janin, posisi janin serta tali plasenta janin untuk menyambut proses persalinan. Pemeriksaan ini dilakukan mulai usia kehamilan 28 – 40 minggu.

Banyaknya pemeriksaan : 1 kali/Minggu.

USG 4D Digunakan untuk Melihat Wajah Janin

Kehadiran USG 4 dimensi memberikan angin segar bagi para Mom untuk melihat perkembangan janin selama masa kehamilan. Teknologi USG 4 dimensi bisa dikatakan sebagai pelengkap sekaligus penyempurna teknologi ultrasonografi dalam dunia kesehatan.

Dengan menggunakan teknologi inilah, Mom bisa melihat gerak janin secara langsung selama berada di dalam rahim dengan USG 4D murah. Metode ini dapat digunakan untuk melihat panjang dan berat janin, posisi kepala dengan jelas, jenis kelamin, bentuk janin dengan baik, hingga mengetahui volume air ketuban.

Jadi, penggunaan teknologi USG 4 dimensi ini akan menampilkan penampakan janin secara nyata, akurat dan tentu saja dengan tampilan lebih detail. Akan tetapi, hal yang harus Mom ketahui ialah jika air ketuban sedikit secara otomatis pengambilan foto lewat USG 4Dnya menjadi sulit.

Dengan kata lain, penggunaan USG 4 dimensi tergantung dari volume air ketuban dan posisi janin di dalam rahim. Selain itu, USG 4 dimensi bisa dilakukan di usia kehamilan 10 minggu hingga mendekati persalinan.
usg majalengka

HUBUNGI TIM DOKTER KAMI

Hubungi kami melalui WhatsApp